Hoistway

Hoistway : hoistway / ruang luncur merupakan struktur dalam bangunan yang fungsinya sebagai ruangan untuk pergerakan car / kereta.

Besarnya Hoistway bergantung dengan besarnya car / kereta, dan counterweight yang juga terdapat dalam hoistway. Untuk desain lift yang tidak menggunakan ruang mesin (Machine Room – les), biasanya mesin terletak didalam hoistway.

Machine Room-les

Hoistway dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1. Pit ; merupakan jarak dari lantai pertama sampai dengan dasar hoistway. Dalamnya Pit biasanya sekitar 1,5 m untuk lift dengan kecepatan 60 mpm

2. Travel ; jarak yang ditempuh lift dari lt pertama sampai lt paling atas. Jarak ini bergantung pada tinggi dari gedung yang dilayani.

3. Overhead ; jarak antara lantai terakhir sampai atap hoistway/ dasar ruang mesin, dimana besarnya bergantung pada kecepatan lift. Untuk 60 mpm, biasanya sekitar 4,5 – 5 m
* Perlu diperhatikan bahwa hoistway sendiri bukan hanya berbentuk lubang / opening pada floor. Agar lift dapat berfungsi dengan baik perlu dibuat ring balok / separator beam (untuk 2 hoistway) setiap 2,5m (Top traction) atau 1,8m (MRL).