Overspeed Governor

Biasa disebut dengan governor – saja. Overspeed governor merupakan salah satu savety device untuk mencegah lift melewati kecepatan yang di desain / dirancang.

old governor - fly ball

Secara garis besar ada 2 jenis governor menurut desainnya. Keduanya menggunakan gaya sentrifugal, yaitu centrifugal dan flyball. Centrifugal governor banyak kita temui pada lift kecepatan rendah. Sedangkan flyball digunakan untuk kecepatan tinggi.
Ada yang berpendapat bahwa flyball governor lebih sensitif, tetapi ini hanya perdebatan dalam desain governor itu sendiri.
Cara kerja governor sendiri adalah dengan merubah kecepatan putar dari governor menjadi gaya yang dapat menghentikan putaran governor.
centrifugal governor

Ketika kecepatan lift melebihi kecepatan tertentu (biasanya 15-20% diatas kecepatan desain lift) maka gaya centrifugalnya cukup untuk membuat governor mengunci.

Dengan berhentinya governor, maka governor rope akan berhenti sedangkan car tetap berjalan. Perbedaan kecepatan ini akan menarik tuas dari locking mechanism pada safety gear.

Savety gear akan “menggigit” rel dengan kencang sehingga membuat car berhenti. Ketika safety gear “mengunci” dan car dalam kecepatan yang cukup tinggi, maka rel akan rusak.

Untuk selanjutnya rel dari lift harus diganti karena sudah rusak dan tidak rata lagi. Karena itu Drop test biasa dilakukan hanya saat rel mau diganti.